Mengapa Perlu Tidur Nyenyak di Malam Hari ?

Tidur merupakan kegiatan yang sangat disukai oleh manusia normal. Dibanding makan, tidur jauh lebih penting bagi tubuh kita. Ketika kita tidak makan satu minggu, tubuh masih mampu bertahan. Namun, jika kita tidak tidur sehari semalam saja, apa yang akan anda rasakan??? Tentu kondisi badan yang sangat kacau. Fakta telah menyatakan bahwa tidak tidur selama 3 hari berturut-turut dapat menimbulkan kematian. Maka jelas sudah bahwa tidur adalah suatu kebutuhan primer bagi manusia.

Tidurpun harus ada ketentuan khusus untuk mencapai pengistirahatan tubuh yang sebenarnya. Tidur nyenyak yang berkualitas lah yang diperlukan untuk mengembalikan kondisi tubuh yang fit dan fresh. Untuk mencapai kata kualitas dalam tidur, tak perlu waktu yang lama. Tidur selama 3 jam namun berkualitas, lebih baik daripada tidur 5 jam tapi tidak berkualitas. Tidur tidak tenang dan masih menyimpan pikira-pikiran negative membuat kualitas tidur tidak tercapai. Apa masalah yang akan timbul jika anda tidak nyenyak tidur dimalam hari?

  • Proses belajar dan memori terganggu

Belajar dan memori anda dikendalikan oleh otak. Semakin anda peduli terhadap otak, dengan cara merawat dan mengistirahatkannya dengan benar maka otak pun akan memberikan kinerja yang luar biasa terhadap anda. Kecerdasan otak anda akan dipengaruhi oleh kemampuan memori yang ada di otak anda untuk merekam dan mengingat berbagai hal yang anda temui. Penelitian ini dikenal sebagai teori memory consolidation, gagasan ini mengusulkan tidur berfungsi untuk memproses dan menyimpan informasi sesuatu yang kita pelajari sebelumnya saat terjaga.

  • Masalah berat badan

Memang agak aneh untuk menghubungkan akibat kurang tidur terhadap masalah berat badan. Namun jika kita mengkaji efek kurang tidur terhadap proses yang ada dalam tubuh, maka hal ini akan menjelaskannya. Kurang tidur membuat metabolisme dan gangguan nafsu makan. Jika anda tidak tertidur di malam hari, anda biasanya akan merasakan lapar dan akhirnya anda akan mengkonsumsi makanan di malam hari. Entah itu makanan ringan atau berat, namun jika malam hari anda isi dengan makan maka tubuh yang seharusnya beristirahat dipaksa bekerja untuk mencerna makanan. Hal ini akan berdampak pada berat badan anda yang semakin bertambah bahkan dapat menyebabkan obesitas. Di tahun 2005, suatu studi yang telah dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine di Amerika, menyatakan bahwa peserta yang mempunyai kelebihan berat badan ditemukan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dibanding peserta dengan berat badan normal (Vorona et al., 2005).

  • Kesulitan mengambil keputusan

Kurang tidur yang diketahui dapat mengganggu pola pikir dan daya ingat, akan berpengaruh juga terhadap suatu keputusan yang anda ambil. D dalam keseharian anda, anda pasti pernah dituntut untuk mengambil sebuah keputusan, baik keputusan untuk diri anda sendiri maupun untuk orang lain dan masyarakat sekitar. Keputusan ini tergantung dari pola pikir anda. Jika anda kurang tidur maka keputusan yang anda ambil pasti tidak melalui suatu pemikiran yang matang akibat konsentrasi, daya ingat dan kecerdasan yang tidak optimal.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang merugikan jika anda tidak nyenyak atau tidak tidur di malam hari. Penyakit apapun siap menyerang anda. Waspada terhadap diri anda sendiri, karena diri anda adalah hidup anda.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.